Panggilan Terbuka Menjadi Teman Belajar dan Tim Kerja Videoge 2022-2023

Januari hingga Maret 2022 lalu, kolektif Videoge membuka kelas belajar bersama sekaligus membentuk tim produksi dokumenter mikro (microdoc) yang diperuntukkan bagi kawan muda berusia 19 s.d 25 tahun. Peserta yang mendaftar dan bergabung terdiri dari siswa tingkat akhir sekolah menengah ke atas, pekerja wisata, dan kantoran. Pada periode produksi berikut, April hingga Juni, Videoge menggelar swadaya informasi yakni pengumpulan resep warga pesisir Labuan Bajo yang berbuah buku “Resep Tetangga: Kumpulan Resep Masakan Warga Pesisir Labuan Bajo” dan serial microdoc #TelusuRasa dengan nomor produksi perdana “Satu Rasa Dalam Tiga Nama”.

Kegiatan in merupakan agenda berkala bagi kolektif Videoge dalam skema kerja Rekam Kampung Lama yang berlangsung hingga Desember 2023 mendatang. Juga menggelar serangkaian kegiatan-kegiatan lain menuju “Pesta Kampung 2023: Festival Orang Biasa”Rekam Kampung Lama merupakan upaya pendokumentasian dinamika pengetahuan dan pengalaman warga atas tempat tinggalnya melalui kegiatan produksi seni, tulisan dan riset yang menyertai setiap proses-proses kreatif di kolektif Videoge.

Videoge yang diinisiasi pada 2016 sebagai kanal distribusi video dokumenter lantas berkembang menjadi wahana mandiri, kolektif seni dan multimedia yang menyorot pada praktik kolektif-kolegial, kreasi dan usaha, serta kegiatan produksi pengetahuan warga dengan pendekatan-pendekatan terkini, lebih cair, dan mengutamakan prinsip-prinsip pertemanan yang berbasis di Labuan Bajo, Manggarai Barat – Flores.

Serangkaian kegiatan di atas (2022 s.d 2023) merupakan kolaborasi komunitas lintas wilayah di Nusa Tenggara Timur dalam inisiatif Kampung Katongkerja sama RMI (Bogor), Lakoat.Kujawas (Mollo), SimpaSio Institute (Larantuka), dan Videoge (Labuan Bajo) dengan dukungan Voice Global.

Ketentuan Umum Calon Tim Kerja

  1. Berusia 20 s.d 30 tahun.
  2. Mengirim surat permohonan dan surat motivasi yang ditandatangani oleh pemohon.
  3. Berkomitmen mengikuti program hingga selesai yang dinyatakan dalam surat permohonan.
  4. Pendaftaran gelombang kedua dibuka pada tanggal 30 Juli  hingga 7 Agustus 2022 dengan kehadiran paling tidak 4 hari dalam seminggu. Kamu langsung dapat bergabung, belajar dan bekerja bersama setelah mendapatkan konfirmasi via WhatsApp dan email.
  5. Kolektif Videoge tidak menjanjikan gaji, transport dan akomodasi.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Kirim surat permohonan dan surat motivasi melalui email kolektifvideoge@gmail.com dengan subject: timkerja2022_[Nama Lengkap]
  2. Dalam surat permohanan melampirkan atau tertera durasi belajar dan bekerja bersama, yang kamu usulkan, serta bidang yang ingin kamu dalami atau kembangkan melalui kesempatan ini.
  3. Melampirkan KTP, CV dan portofolio.
  4. Kamu sudah bisa bergabung dimulai sejak berkas pendaftaran kamu telah dikonfirmasi melalui email dan atau WhatsApp.

Pilihan Bidang

  • Sapa Tetangga Hari Ini
    Merupakan platform pra-produksi kekaryaan yang berfokus pada kegiatan menulis dengan menghasilkan bentuk tulisan jurnal warga sebagai media alternatif dalam mendokumentasikan keseharian warga, peristiwa kultural, dan gaya hidup di Labuan Bajo dan sekitarnya.
  • Tim Redaksi Maigezine
    Sejak 2019, kolektif Videoge merilis cetakan mini majalah/zine dan berkembang menjadi webzine yakni sebuah website yang mengabarkan kegiatan produksi pengetahuan melalui tulisan, e-katalog, zine, dan audio-visual. Bidang ini memungkin terbuka bagi penulis yang menggemari jurnal warga dan praktik komunitas/kolektif untuk mengembangkan media alternatif warga ini bersama-sama.
  • Dokumenter Mikro dan BukaLayar
    Merupakan program produksi dokumenter mikro (microdoc) yang merekam cerita warga dan komunitas, kisah inspiratif, warga dan apa yang kita makan, fenomena dan peristiwa kultural, hingga gaya hidup yang dikemas dalam kategori ‘Serial Videoge’ yang dapat ditayangkan melalui platform nonton bersama bernama ‘BukaLayar’. Kamu yang memiliki minat dalam pembuatan video/ film, editor video, juru kamera maupun penulis naskah film dokumenter cocok untuk bidang ini.
  • Videoge Live Sessions
    Adalah kegiatan pertunjukan musik dan rekaman audio yang diformulasikan khusus bagi musisi yang mengembangkan kemungkinan bermusik di kota ini. Sebaiknya bidang ini ialah anak muda, yang selain memahami paling tidak secuil kemampuan dalam bermusik, tetapi memungkinkan bersedia belajar mengembangkan dan mengelola pertunjukan musik dan proses produksinya.
  • DapurPecah
    Merupakan unit masakan dan kreasi makanan yang mengutamakan praktik inovasi dalam kegiatan produksinya, baik itu inovasi makanan maupun penyelenggaraan unit kewirausahaannya. Program ini dikhususkan bagi anak muda yang memiliki minat di dunia masakan/perdapuran dan memiliki komitmen, keinginan kuat untuk belajar bersama dalam melakukan kegiatan inovasi makanan.
  • Desain Visual dan Publikasi
    Tim kerja yang memiliki minat ini diundang untuk mengembangkan data-data kerja kolektif videoge yang dinarasikan dalam kerja publikasi seperti pembuatan infografis, poster, ilustasi, komik, katalog, mini majalah, dan buku.
  • Lainnya
    Kerja-kerja komunitas/kolektif di atas merupakan program dan kegiatan berkala yang dikerjakan dengan basis kewargaan dan orang muda yang tertarik dalam praktik seni, riset dan menulis yang terus dikembangkan. Tidak pula menutup kemungkinan pengembangannya di bidang lain dapat terjadi dalam kerja-kerja kreatif dalam lingkup komunitas/kolektif/organisasi budaya. Hal yang lain yang mungkin menjadi pilihan peminatan lain yakni memilih peran dalam [1] penyelenggaraan event seperti kegiatan yang bakal terjadi adalah “Pesta Kampung 2023: Festival Orang Biasa” dan rangkaian kegiatan menuju event ini, [2] pameran seni, [3] piknik sambil berkarya (Pesiar: Satu Hari Satu Pulau), [4] atau menjadi bagian dari manajemen Bawakolong Studio, yang merupakan kantor/ruang bersama yang berfokus pada unit usaha dan kreasi (jasa foto dan video, perentalan, home recording, hingga paket memancing). Silahkan ajukan kemungkinan pengembangan minat diri dan hal-hal yang ingin kamu kembangkan dan pelajari bersama-sama.

Sampai bersua, ya. Salam kolektif tiada tara!