Edisi Kelima Sapa Tetangga Hari Ini: Dengar,

Riset menjadi penting dalam kesempatan belajar kami sebagai warga muda dalam spektrum kesenian dan budaya melalui praktik reproduksi pengetahuan. Penelitian biasa saja. Mestinya tidak jadi barang yang eksklusif. Tak berjarak dari keseharian kita. Kegiatan riset menjadi kegiatan yang menggembirakan, tidak kaku.

Praktik riset membantu kami mengenali pengetahuan tempatan kami bermukim, juga membantu secara kolektif (bersama-sama dan berkala) membangun program maupun kegiatan usaha dan kreasi.

Sejak 2020, gagasan itu membantu #KolektifVideoge menginisiasi sebuah kegiatan Sapa Tetangga Hari Ini. Lewat ‘kegiatan biasa’ semacam itu, kami berkunjung ke tetangga sebagaimana bersilaturahmi. Agenda santai dan biasa, tapi riset. Belajar sesuatu di sana. Obrolan-obrolan baik di dalamnya itu dicatat sebagai modal pengetahuan kami dalam merencanakan kegiatan produksi. Bentuknya serial video microdoc, e-katalog, rilisan artikel di website, zine, nonton bareng, workshop, pameran seni, diskusi dan lainnya.

Sapa Tetangga edisi kelima, kami ingin banyak belajar mendengar cerita, pengalaman dan pengetahuan dari tetangga, kolega dan keluarga yang bermukim di Kampung Air dan sekitarnya. Kesempatan belajar ini bagian dari skema kerja berkala merekam “Kampung Lama” sepanjang dua tahun mendatang yang didukung oleh inisiator program #KampungKatong.
_
Artwork by @fatmaishakaaa / Typography by @thelumis.