[Pengumuman] Peserta Kelas Belajar Bersama dan Tim Produksi Video MicroDoc “Kampung Lama”

Kampung Lama merupakan kegiatan penelitian, penulisan, dan proyeksi seni yang merekam dinamika pengetahuan warga dan kotanya sebagai bentuk praktik dan kerja pendokumentasian, pengarsipan, hingga upaya reproduksi dan distribusi pengetahuan dalam bentuk-bentuk kegiatan kewargaan. Program ini bentuk kerja inisiatif Kampung Katong dengan semangat dekolonisasi.

Kampung Lama menjadi aktivitas yang dikerjakan secara berkala sekaligus bertalian dengan program-program Videoge yang meliputi program penelitian dan pengarsipan dan program multimedia dan upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan serta pelibatan orang muda melalui program magang yang dikembangkan.

Melalui Kampung Lama ini, kolektif Videoge membuka kesempatan kelas belajar bersama selebar-lebarnya kepada kawan muda yang berdomisili di Labuan Bajo untuk urun pula menjadi tim produksi video micro-documenter sebagai salah satu bentuk reproduksi pengetahuan lokal melalui media visual.

Peserta kelas yang bergabung akan belajar bersama ragam pengetahuan dalam bentuk lokakarya yakni kelas wacana dan praktik. Kelas wacana akan memberikan pengetahuan mengenai film dokumenter itu sendiri. Baik dari segi sejarah, dan juga perspektif lain yang sesuai dengan identitas lokal atau tempatan. Di kelas praktik nantinya akan di suguhi dengan pengetahuan tentang teknis produksi itu sendiri. Mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Harapannya mulai dari kelas belajar ini, kita sama-sama berkarya untuk menghasilkan serial video dokumenter sebagai upaya merekam pengetahuan warga. Juga ini menjadi program yang berkelanjutan untuk mengembangkan pengetahuan bersama.

Berikut daftar nama-nama yang urun dalam kelas belajar ini:

  1. Afra Santri
  2. Ali Imron
  3. Dhio Devananda Neketawa
  4. Fais Ramadan
  5. Hairul As
  6. Imas Masthuroh
  7. Muhammad Nurachman
  8. Nurhalismah
  9. Popy Indriani
  10. Sandika
  11. Soraya

TTD
Tim Videoge